Minggu, 13 Januari 2013

Restoran McDonald’s Pasang Semprotan DNA Untuk Menangkap Pencuri


Restoran McDonald’s Pasang Semprotan DNA Untuk Menangkap Pencuri - Untuk menangkal aksi pencurian dan perampokan yang belakangan ini meningkat di Australia selama Natal dan Tahun Baru, restoran cepat saji McDonald kini memasang “perangkap” berupa semprotan DNA untuk menandai pencuri atau perampok yang menjarah restoran tersebut. Teknologi pengamanan hi-tech terbaru yang disebut SelectaDNA ini dikembangkan di Inggris oleh seorang perwira polisi dan seorang ahli kimia. Saat ini SelectaDNA telah dipasang di outlet-outlet McDonald di Inggris dan Eropa. Jika semprotan DNA ini terbukti berhasil menangkap para penjahat, maka nantinya seluruh 780 outlet restoran ini yang tersebar di Australia akan dipasangi SelectaDNA.

McDonald DNA

Semprotan SelectaDNA biasanya dipasang diatas pintu masuk dan sistem ini disinkronisasikan dengan tombol alarm. Pencuri atau perampok yang terkena semprotan ini akan ditandai dengan kode DNA unik yang akan melekat pada kulit dan pakaian pelaku selama 6 bulan meskipun telah dicuci. Dengan menggunakan alat pemindai khusus ultra violet (UV) maka si pelaku tadi akan dikenali melalui kode DNA unik yang menghubungkannya dengan kejahatan dan lokasi tertentu.

DNA-1DNA-2DNA-3
    
Perusahaan SelectaDNA melalui situsnya mengklaim bahwa semprotan ini merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah pencurian komersial. SelectaDNA mengatakan bahwa semprotan berisi pelacak UV dan kode DNA yang unik, ini menghubungkan mereka ke TKP dan tak terbantahkan. Kulit atau pakaian mereka akan bersinar biru cerah di bawah pemindai UV polisi.

SelectaDNA-1
SelectaDNA-2
SelectaDNA-3

Berbicara kepada News.com.au , kepala restoran McDonald Australia Jackie McArthur mengatakan: "Sekali telah terjadi pelanggaran keamanan, maka unit semprot hi-tech ini akan menghentikan upaya melarikan diri si perampok dengan solusi  DNA sintetis yang tak terlihat."

Pencurian adalah masalah serius bagi gerai makanan cepat saji seperti McDonald, yang memiliki omset kas yang tinggi, multiple entry dan exit point dan lebih dari 85.000 staf yang sering bekerja sepanjang malam di truk-berhenti dan tempat-tempat terpencil lainnya.

"Kejahatan bisa terjadi di mana saja kapan saja, itulah sebabnya mengapa keselamatan kami yang luas dan protokol keamanan di tempat di setiap restoran sepanjang sepanjang hari," kata McArthur.


Upaya Restoran McDonald’s Memasang Semprotan DNA Untuk Menangkap Pencuri ini merupakan terobosan teknologi terbaru dalam pengamanan yang nantinya mungkin akan diterapkan juga oleh kalangan bisnis yang lain.

Load disqus comments

17 komentar