Selasa, 01 Mei 2012

Cara Menggabung/Ekstrak/Install File ISO Dengan Daemon Tools Lite


Cara Menggabung File ISO dengan Daemon Tools Lite  – Tutorial cara mengekstrak (mount) file ISO / install game ISO ini sengaja saya tulis untuk membantu sobat blogger yang masih bingung untuk menggabung file ISO game Need For Speed Underground 2. Untuk mengekstrak/menggabungkan file ISO memang beda dengan menggabung file RAR menggunakan HJSplit. Untuk format ISO ada beberapa software yang bisa digunakan seperti Power ISO atau Daemon Tools Lite yang saya posting ini. Selain bisa untuk file standar berekstensi .iso, Daemon Tools Lite juga bisa digunakan untuk mengekstrak atau menggabung file dalam format .bwt, .msd, .msx, .ccd, .nrg, .isz dan banyak lagi jenis image file yang support dengan tools ini. Pada saat kita mau menginstal file game dengan format standar .iso atau file yang terpisah-pisah yang diikuti angka dibelakangnya seperti .iso.0, .iso.1, .iso.2,dst, maka Daemon Tools Lite ini akan membuat sebuah virtual device atau kita sebut saja drive sementara sebagai tempat penyimpanan sementara file hasil ekstraks sebelum kita simpan ke disk lain, burning ke CD atau langsung di install di komputer. Nah virtual device sementara ini letaknya bisa dimana saja, misal saat ini di komputer saya sudah ada 4 drive yaitu C:, D:, E: dan F:, maka saat Daemon Tools Lite diaktifkan secara otomatis akan menciptakan sebuah drive virtual sementara G: atau lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.       

1.       Download Daemon Tools Lite 4.45.3.027 disini .
2.       Install Daemon Tools Lite di komputer PC anda, supaya mudah pilih saja Bahasa Indonesia pada pilihan bahasa.
3.       Klik pilihan Lisensi Gratis dan Jangan ijinkan MountSpace memakai statistik saya saat proses instalasi. Lihat pada screenshot dibawah ini untuk lebih jelas.



4.       Jika sudah terinstal, jalankan (Run) aplikasinya, maka akan tampil window seperti gambar dibawah ini.

5.     Seperti anda lihat, Daemon Tools telah membuat sebuah virtual device di komputer saya yaitu drive J: . Selanjutnya klik tombol Tambah Image (Mount Image) atau gambar CD yang ada tanda plus.
6.     Pilih file berformat .iso yang ingin anda ekstrak. Jika filenya lebih dari 1 misal game.iso.0, game.iso.1, game.iso.2, dst. maka blok saja semuanya dan klik Open.

7.     File yang sudah anda pilih akan masuk dalam kotak Katalog Image seperti gambar dibawah ini.

8.   Kemudian klik file yang ada dalam Katalog Image, selanjutnya klik tombol Muat warna hijau yang mirip tombol play.

9.    Selanjutnya buka window explorer atau folder My Computer, sobat akan melihat drive virtual yang sudah berisi file game hasil ekstrak. Double klik drive virtual tersebut klik Install maka proses instalasi game akan berjalan secara otomatis. Jika didalam file game sudah terdapat file autorun.exe, maka biasanya kotak dialog untuk instalasi game akan otomatis muncul setelah selesai langkah ke-8 diatas.

10.  Jika anda ingin mengaktifkan Daemon Tools Lite melalui sistem tray juga bisa. Caranya klik kanan pada ikon Daemon Tools seperti lambing petir yang ada di sistem tray, pilih Daemon > Virtual Device > virtual device drive (F:, G:, H:,dst) > Mount Image > pilih file yang akan diekstrak berekstensi .iso dan Open.

Mudah-mudahan Cara Menggabung/Ekstrak File ISO Install Game ISO ini bisa bermanfaat buat sobat. Selamat mencoba dan happy nice blogging..!!

www.rayhanzhampiet.com
Load disqus comments

15 komentar