Pengertian Meta Tag dan Jenis Meta Tag di Blogger


Pengertian Meta Tag dan Jenis-Jenis Meta Tag  - Membuat atau memasang meta tag pada template blogger sudah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi seorang blogger. Terutama buat mereka yang peduli pada optimasi SEO pasti sudah menerapkan penggunaan meta tag ini. Namun bagi mereka yang baru saja merambah di dunia blogging (baca: ngeblog), pastilah pengertian tentang istilah meta tag atau jenis-jenis meta tag masih menjadi sesuatu yang asing bahkan mungkin juga baru mendengar kali ini yang namanya meta tag. Jika newbie mode dalam kondisi ON maka pasti akan muncul pertanyaan spontan seperti ini, “Meta tag itu apaan seehhh….?” hi hi. Dalam tips blogging kali ini  mohon maaf kalau saya tidak akan mengulas bagaimana cara membuat meta tag yang seo friendly, namun artikel ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada kita semua tentang pengertian meta tag, jenis-jenis meta tag yang lazim digunakan disertai beberapa contoh penerapan membuat meta tag.

Meta tag itu apaan sih ?

Pengertian Meta Tag menurut Kamus Istilah Blogger yang ditulis oleh Mbak Medhy Aginta (www.blogguebo.com) :

Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

Sedangkan menurut pemahaman sederhana saya seperti ini, meta tag adalah sebuah/serangkaian kode HTML yang sengaja dibuat dan ditempatkan dalam template dengan tujuan agar memudahkan robot search engine dalam menganalisa konten blog kita saat para spider bots mesin pencarian ini sedang mengindeks (crawling) blog kita. Jadi kalau mungkin ada diantara sobat blogger yang merasa postingannya tidak terindeks sama sekali oleh Google, salah satu penyebabnya mungkin saja  karena tidak ada meta tag sama sekali dalam template sobat

Dimana biasanya meta tag di tempatkan ?

Secara umum harusnya meta tag ditempatkan di antara kode <head> dan </head> dalam template. Namun yang lazim dilakukan banyak blogger adalah menempatkan meta tag tepat dibawah kode <head> pada template.

Meta tag apa saja yang seharusnya ada dalam template blog ?

Banyak sekali jenis-jenis meta tag yang sering digunakan dan ditempatkan dalam template. Kalau boleh saya kelompokkan dalam beberapa jenis meta tag sebagai berikut :

1.       Meta tag verifikasi pendaftaran blog di search engine.
Pada saat kita mendaftarkan blog ke Google, Yahoo, MSN, Bing ataupun Alexa, biasanya saat proses verifikasi diharuskan untuk meletakkan kode verifikasi berupa meta tag.
Contoh meta tag dari search engine adalah seperti ini:

<meta content='TtuX5x792RG5l1Vt52Lue2VbFGm545NIlQQw1CGI23c' name='google-site-verification'/> = meta tag dari Google
<meta content='af350aa3e238f9c3' name='y_key'/> = meta tag dari Yahoo
<meta content='EF3208999BFC2D6DD07C9896BF493B3B' name='msvalidate.01'/> = meta tag dari MSN/Bing
<meta content='wIOcDXyX7nhrfNmLaljhzeaDYlc' name='alexaVerifyID'/> = meta tag dari Alexa

Nah meta tag-meta tag ini sebaiknya jangan pernah dihapus atau dihilangkan karena merupakan tanda bahwa blog anda sudah terdaftar dibeberapa search engine tersebut. Di sidebar blog ini saya juga memasang widget dari 3 search engine yaitu dari Google, Yahoo dan MSN untuk memonitor kapan (tanggal) terakhir kali spider bot dari search engine tersebut melakukan crawling (indeks) blog saya.

2.       Meta tag utama yang WAJIB ada dalam template blog ada 3 yaitu :

Meta tag title
Yaitu meta tag yang menyatakan identitas sebuah blog dengan judul blog, pada blog ini yang merupakan judul/title blog adalah Share With Irfan. Dalam template biasanya meta tag judul dituliskan seperti ini <title><data:blog.pageTitle/></title>. Namun banyak juga blogger yang memodifikasi penulisannya menjadi seperti ini <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title> dengan maksud supaya judul postingan dibaca (diindeks) lebih dulu oleh search engine sebelum judul blog.

Meta tag deskripsi
Yaitu meta tag  yang berfungsi sebagai penjelasan yang lebih spesifik mengenai konten yang ada dalam sebuah blog. Meta tag ini sangat penting perannya dalam membantu spider bot search engine untuk mendeskripsikan sebuah blog. Contoh penulisan meta tag deskripsi adalah seperti ini <meta content='Berbagi Info dan Tips Blogging, Artikel Komputer dan Internet' name='description'/>.

Meta tag keywords
Yaitu meta tag yang berisikan keyword (kata kunci) apa saja yang paling banyak digunakan dalam penulisan artikel di sebuah blog. Jadi pilihlah keyword yang sesuai dengan materi tulisan (informasi) yang ada didalam blog sobat, karena kata kunci yang dipilih menjadi penentu juga bagi search engine untuk menggiring pengunjung ke blog anda berdasarkan pencarian kata kunci tertentu. Maksimal keyword yang boleh diisikan dalam meta tag ini adalah 25 keyword, penulisannya dipisahkan dengan tanda koma (tanpa spasi) menjadi seperti ini <meta content=’keyword1,keyword2,keyword3,dan seterusnya‘ name=’keywords’/>.


3.        Jenis meta tag penunjang lainnya yang juga penting dan sebaiknya ada pada template antara lain :

<meta content='follow,all' name='robots'/>
<meta content='3 days' name='revisit-after'/>
<meta content='all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='id' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='global' name='target'/>
<meta content='ALL' name='spiders'/>
<meta content='isi dengan nama anda' name='author'/>

Nah dari beberapa pengertian meta tag dan jenis-jenis meta tag yang sudah saya bahas dalam tips blogging ini, mudah-mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan terutama buat sobat blogger yang tadinya belum paham sama sekali mengenai meta tag dan kegunaannya. Jika ada kesalahan dalam penulisan ini mohon koreksi dari sobat-sobat semua melalui kolom komentar. Blogger juga manusia lho..

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Pengertian Meta Tag dan Jenis Meta Tag di Blogger"

  1. Banyak belajar disini kawan,makasih banyak untuk semua informasinya,terutama tentang pengertian meta tag yang komplit ini.Happy blogging.

    BalasHapus
  2. keduax,,

    makasih mas sharenya membantu untuk trus improvisasi,,
    newbie nekad :)

    BalasHapus
  3. Makasih Atas informasinya salam kenal ya gan

    BalasHapus
  4. wah postingnya keren banget gan..
    saya bisa belajar langsung disini..!!
    maksih ya atas infonya.. :)

    BalasHapus
  5. Wah, makasih mas infonya :) :D
    jadi tambah pengetahuan lagi tentang meta tag..

    BalasHapus
  6. siip infonya...sangat bermanfaat...trimakasih..

    BalasHapus
  7. makacihy nuntuk info
    tapi masih kurang paham
    bisa di jelaskan

    BalasHapus
  8. Terimakasih, saya pendatang baru, info dari anda sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. :D Ribet Juga ternyata Otak Atik Meta Tag

    BalasHapus
  10. Info2nya bagus2 dan berguna sekali, thx telah share ilmunya.

    BalasHapus
  11. ilmunya bermanfaat bro..makasihh sebelumnya....

    BalasHapus
  12. artikel yang njenengan posting bermanfaat mas bagi saya,ijin coba artikel njenengan,

    BalasHapus
  13. @solution-u
    Silahkan dicoba gan..;)

    BalasHapus
  14. Thx Mas untuk infonya.... akan aku coba

    BalasHapus
  15. thx mas infonya...... akan aku coba....
    http://elkan-mp3gratis.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. mantap mas infonya, makasih udah dishare

    BalasHapus
  17. Trims.. Infonya :D


    http://dark-lamer.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Mantap...

    Langsung Di pasang Di Blog ku Meta tagnya

    BalasHapus
  19. senang sekali dapat masukan dari sini. Tengkyu...and salam kenal yaa...

    BalasHapus
  20. nice info mas.. makacih dah mo share.. saya pernah baca juga di blog lain, untuk penulisan keyword ada batasan sekitar 150 an karakter huruf.. benar demikian ya mas..
    Visit back mas.. newbi juga nihh.. ken-zoo.blogspot.com

    BalasHapus
  21. makasih sob atas infonya. sangat bermanfaat buat para blogger baru seperti saya.ditunggu tips-tips lainnya ya. sekalian minta ijin untuk mempraktekkannya.

    BalasHapus
  22. Waduh belum ada komentr saya disini Bang. Kebetulan saya laagi cri solusi untuk permasalahan saya tentang meta tag blog dengan data laporan yg ada di webmaster blog saya. kalau bang Irfan puny waktu luang, saya tunggu penjelasannya untuk membantu saya memecahkan masalah ini. Saya harap kunjungannya Bang...??

    BalasHapus
  23. Tutorial yang cukup bagus dan keren,semoga bermanfaat,ijin terapkan di blog ane gan.. makasih

    BalasHapus
  24. Petunjuk Praktis Budidaya Pertanian

    Salam kenal mas, saya seorang blogger pemula yang sama sekali belum memahami tentang HTML. Artikel anda sangat menarik, yang ingin saya tanyakan, mengapa keyword harus dibatasi hanya 25 kata, dan apa akibatnya kalau kita menuliskan lebih dari 25 kata? Terima kasih.

    BalasHapus
  25. @Tedy Viryawan
    Jawabnya simpel, kalau keyword terlalu banyak atau berlebihan maka Google akan menganggap web anda adalah web spam. Untuk itu pilihlah keyword utama yang bisa mewakili beberapa keyword sehingga tidak harus semuanya dituliskan.

    BalasHapus
  26. Wah bagus nih artikelnya. Sangat menarik dan inspiratif. Semoga dapat membantu para netizen yang lagi butuh informasi ini. Pokoknya siiip dah. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

    BalasHapus
  27. wah mantap banget gan, thanks.
    www.sambudy.com

    BalasHapus