Senin, 12 September 2011

Cara Mengupload File/Hosting Di Google Code


Cara Mengupload File/Hosting Di Google Code  - Menyimpan file atau data di server Google Code sudah banyak dilakukan oleh blogger senior. File yang dapat di upload ke google code pun bisa bermacam-macam. Sobat dapat mengupload file text, gambar/image, script HTML, CSS, JavaScript, dan lain-lain ke google code. Untuk masalah keamanan tidak perlu khawatir, karena pemiliknya adalah mbah Google siapa yang berani nyuri ? He he bukan gitu deh jawabnya, yang pasti di google code kita diberikan space atau kapasitas penyimpanan data yang cukup besar yaitu 7 GB (gigabyte) per akunnya. Dan urusan bandwidth jangan khawatir kalo terjadi down seperti sering terjadi di server hosting yang lain, karena bandwith di google code ini unlimited alias tidak terbatas.

Langkah cara mengupload file (hosting) di Google Code adalah sebagai berikut :
1.          Anda harus sudah memiliki akun Google (Gmail) untuk bisa login.
2.        Langsung saja meluncur ke halaman htt://code.google.com dan sign in atau login lah dengan menggunakan akun google anda.
3.         Pilih menu Project Hosting > Project Hosting on Google Code > Create New Project.




4.          Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini dan isi data-data seperti contoh berikut :
·         Project name                                  
Isi dengan nama project anda misalnya rayhanzhampiet.
·         Project summary
Ringkasan project, isi dengan penjelasan singkat saja misalnya My first project hosting.
·         Description
Isi dengan deskripsi, terserah mau diisi apa saja deskripsi projectnya.
·         Version control system
Pilih Mercurial
·         Source code license
Pilih GNU GPL v3
·         Project label(s)              
Boleh diisi label tapi boleh juga dikosongkan saja.
·         Create project
Tekan tombol ini jika sudah selesai mengisi datanya.


5.          Kalau sudah berarti akun google code anda sudah jadi dan anda akan di bawa ke halaman akun anda atau Project Home.

6.          Klik tulisan Downloads disamping tulisan Project Home dan pilih klik lagi New download.


7.          Isikan data Summary, Description dan File yang akan di upload, kemudian klik Submit file.


8.          Klik langsung nama file yang baru diupload tadi pada bagian Filename selanjutnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


9.          Kemudian klik kanan pada nama file tersebut dan pilih Copy link location. Ini maksudnya untuk mengcopy URL dimana file tersebut tersimpan saat ini.
10.      Sampai disini berarti proses mengupload file ke google code sudah selesai dan sobat sudah mendapatkan link URL file tersebut untuk digunakan pada script HTML, javascript dan lain-lain terserah penggunaannya untuk apa saja. Untuk memastikan link URL yang diambil tadi sudah benar, cobalah buka tab kosong di browser anda dan paste URL file tadi pada addres bar kemudian tekan ENTER. Jika ternyata file tersebut bisa di download, berarti “Its done bro..!” pekerjaan anda sudah berhasil.

Well sobat blogger, itu tadi trik/tutorial cara mengupload file (hosting) di google code. Bagi yang masih belum mudeng atau masih bingung, jangan malu untuk bertanya melalui komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Load disqus comments

26 komentar